Entri Populer

Rabu, 22 Februari 2012

MATERI SOSIOLOGI

1.      DEFENISI MANUSIA

1)      Homo sapien
Menurut( attachments)Homo SAPIENS adalah mahluk yang berpikir sehingga merupakan mahluk yang cerdas dan bijaksana. Dengan daya pikirnya manusia dapat berpikir apakah yang sebaiknya dilakukan pada masa sekarang atau masa yang akan datang berdasar kan pertimbangan masa lalu yang merupakan pengalaman. Pemikiran yang sifatnya abstrak merupakan salah satu wujud budaya manusia yang kemudian diikuti wujud budaya lain, berupa tindakan atau perilaku, ataupun kemampuan mengerjakan suatu tindakan.

2)      Homo Symbolicum
Menurut (Arjuna,2010) homo symbolicum, makhluk yang menyukai simbol/lambang, yakni sesuatu untuk menyatakan suatu hal atau mengandung maksud tertentu.(Arjuna,2010)
3)      Homo Faber
Menurut( attachments)Homo Faber : artinya manusia dapat membuat alat-alat dan mempergunakannya atau disebut sebagai manusia kerja dengan salah satu tindakan atau wujud budayanya berupa barang buatan manusia (artifact). Manusia menciptakan alat-alat karena menyadari kemampuan inderanya terbatas, sehingga diupayakan membuat peralatan sebagai sarana pembantu untuk mencapai tujuan. Misalnya, karena indera matanya tidak mampu melihat angkasa luar atau mahluk kecil-kecil maka diciptakan teropong bintang dan mikroskop, karena terbatasnya kekuatan fisik maka diciptakannya roda sebagai sarana utama keretauntuk mengangkut barang-barang berat.
4)      Rationale Animale
Menurut (Gunawan,2007) Rationale animale adalah makluk yang berpikir ( animal rationale). Artinya, dengan pikirannya ia mampu membedakan mana yang baik dan mana yang buruk dalam tindakannya. Dengan pikirannya pula, ia bisa mengatasi naluri kebinatangannya dan bertindak lebih menusiawi. Berbekalkan akal budinya aksinya bukan hanya merupakan actus hominis dalam arti gerakan-gerakan yang hanya dikuasai oleh hukum-hukum biologis, melainkan merupakan actus humanus dalam arti tindakannya sarat dengan pertimbangan-pertimbangan nilai.
5)      Micro Cosmos
Menurut (Brahma Tirta Sari,2008) manusia atau microcosmos (jagad kecil). Sebagai makhluk yang memiliki kaitan dengan alam dan segala makluk hidup dan benda benda yang dikatakan makrokosmos (alam semesta). Sebagai manusia yang berkaitan dengan alam, manusia mengikuti perjalanan hidup yang tertata oleh hukum alam yang berlaku.

2.      JENIS-JENIS MASYARAKAT :
1)      Masyarakat abstrak (abstract society)
Masyarakat abstrak merupakan sekumpulan orang yang memiliki perhatian atau minat yang sama. dan dapat bubar tanpa ada nya perintah dan juga tidak memiliki peraturan. contohnya kumpulan orang yang menyaksikan konser musik, mereka disebut massa abstrak. melihat suatu acara yang disuguhkan dan terlihat tertarik maka ia berdiri untuk menyaksikannya dan begitu pula orang lain yang menaruh perhatian yang sama.
2)      Masyarakat atomistik (atomistic society)
Menurut (Kamusbesar.com) Masyarakat atomistic adalah sekumpulan dari beberapa individu yang memiliki sifat yang sama dan sederajat.
3)      Masyarakat kasta (caste society)
Menurut (catur wanda,2009) ; Masyarakat kasta merupakan kumpulan dari beberapa individu yang mempunyai pekerjaan yang berbeda,seperti kumpulan tukang becak dan kumpulan tukang batu.
4)      Masyarakat konkret (concrete society)
Masyarakat konkrit merupakan kumpulan dari beberapa individu, dengan memiliki sebuah tujuan dan ada nya sebuah peraturan dan juga ada pemimpin yang menjalankan massa tersebut.contohnya orang yang demostrasi
5)      Masyarakat ekstraktif (extractive society)
Masyarakat ekstraktif  adalah masyarakat yang mengacu pada pengelolaan dan pemanfaatan sumber daya alam yang ditarik (extracted) dari dalam bumi.
6)      Mayarakat feodal (feudal society)
Menurut (kamus bahasaindonesia online)Masyarakat feodal adalah  sekumpulan individu yang dikuasai oleh orang yang mempunyai posisi social yang lebih tinggi atau kaum bangsawan.
7)      Masyarakat hidrolis (hydraulic society)
Menurut (sugeng.lecture.ub.ac.id/files) Masyarakat hidrolis merupakan masyarakat yang bersifat terbuka dan selalu timbal balik dengan lingkungannya.
8)      Masyarakat industrial (industrial society)
Menurut (arbi pramana,2010)Masyarakat Industrial merupakan sekumpulan individu yang bekerja pada bidang industry  atau sebagian besar bermata pencarian sebagai buruh yang menggunakan alat-alat   industry.

9)      Masyarakat manorial (manorial society)
Menurut (hendria,2010)Masyarakat monorial adalah sekumpulan individu yang diatur dan menjalankan segala sesuatu menurut tradisi dari individu tersebut.
10)  Masyarakat massa (mass society)
Menurut (filed Under,Komunikasi massa)Masyarakat massa adalah sekumpulan individu yang saling bergantung atau saling membutuhkan satu sama lain.
11)  Masyarakat berpindah (nomadic society)
Menurut (Wikipedia Indonesia,2000)Masyarakat berpindah merupakan sekumpulan individu yang selalu berpindah-pindah dari satu tempat ketempat lain dimana sekumpulan individu tersebut selalu  mempertahankan adat-istiadat mereka.
12)  Masyarakat organis (organic society)
Menurut (kamus Indonesia online)Masyarakat organis merupakan susunan dari sekumpulan individu yang mempunyai adat-istiadat,dan suatu kebudayaan yang sama.\
13)  Masyarakat petani (peasant society)
Menurut (bangazul,2009)Masyarakat petani merupakan sekumpulan individu yang memposisikan mata pencahariannya dengan bertani.
14)  Masyarakat terencana (planned society)
Menurut (Artikata.com) Masyarakat terencana adalah masyarakat yang selalu memikirkan perencanaan pembangunan atau pelestarian budaya mereka sgsr dspst teratur.
15)  Masyarakat majemuk (plural society)
Menurut (susipurwati,2009)Masyarakat  majemuk merupakan sekumpulan individu yang terdiri dari berbagai kelompok suku,agama,ras.
16)  Masyarakat subsisten (subsistence society)
Menurut (sariyati,staff Gunadarma,file download)Masyarakat subsisten merupakan sekumpulan individu yang dimana didalamnya hanya terdapat dua  kegiatan  ekonomi yaitu produksi dan konsumsi.
17)  Masyarakat tradisional (traditional society)
Menurut (artikata.com)Masyarakat tradisional merupakan sekumpulan individu yang sikap dan cara berpikir serta bertindak yang selalu berpegang teguh pada norma dan adat kebiasaan yang ada secara turun-temurun.
18)  Masyarakat transisional (trantitional society)
Menurut (insandinami,2009)Masyarakat transisional merupakan sekumpulan individu yang mengalami perubahan yang terus menerus dibentuk dan diberi arti melalui interaksi antara anggota-anggotanya.
19)  Masyarakat adat (adat society)
Menurut (Wikipedia.com)Masyarakat adat merupakan adalah sekumpulan individu yang memiliki adat yang sama dengan sekumpulan individu sebelumnya, yang berkembang di daerah mereka, dimana mereka akan memelihara terus adat tersebut sampai mewariskannya pada keturunan selanjutnya.
20)  Masyarakat desa (village society)
Menurut (gudangmakalah.blogspot.com)Masyarakat desa adalah masyarakat yang kehidupannya masih banyak dikuasai oleh adat istiadat lama.
21)  Masyarakat dinamis (dinamic society)
Menurut (artikata.com)Masyarakat dinamis merupakan sekumpulan individu yang sangat cepat bergerak dan mudah menyesuaikan diri dengan kebudayaan.
22)  Masyarakat kota (urban society)
Menurut (GemuruhDeviL,2009)Masyarakat kota merupakan sekelompok individu yang hidup disuatu wilayah yang dimana perubahan-perubahan social Nampak nyata karena mereka cenderung menerima atau terbuka terhadap pengaruh luar.
23)  Masyarakat kontemporer (contemporary society)
Menurut (answereyahoo.com)Masyarakat kontemporer merupakan sekumpulan individu yang selalu mengikuti zaman dimana mereka telah bersinggungan dengan teknologi yang serba canggih.
24)  Masyarakat modern (modern society)
Menurut (shvoong.com)Masyarakat modern merupakan masyarakat yang sebagian besar warganya mempunyai orientasi nilai budaya yang terarah ke kehidupan dalam peradaban dunia masa kini.
25)  Masyarakat organik (organic society)
Menurut (blogs.unpad.ac) Masyarakat organic merupakan sekumpulan individu yang memiliki budaya,ras,dan adat yang beragam.
26)  Masyarakat pedesaan (rural society)
Menurut (GemuruhDeviL,2009)Masyarakat pedesaan merupakan sekumpulan individu yang hidupnya berkelompok  dengan dasar kekeluargaan dan sebagian besar dari mereka berprofesi sebagai petani.
27)  Masyarakat primitif (primitive society)
Menurut (Wikipedia.com)Masyarakat primitif merupakan sekumpulan individu yang  belum mengenal dunia luar atau jauh dari peradaban.
28)  Masyarakat progresif (progresive society)
Menurut (slideshow.com) Masyarakat Progresif  adalah sekumpulan individu yang mempunyai daya perubahan tinggi dan memandang ke arah yang lebih baik baik itu budaya,ras ataupun adat-istiadat.
29)  Masyarakat tanpa kelas (classless society)
Menurut (www.ginandjar.com ) Masyarakat tanpa kelas merupakan masyarakat komunis yang dimana menanamkan suatu paham yang mengutamakan persamaan yang merata tanpa ada perbedaan dalam segala hal.
30)  Masyarakat tradisional (traditional society)
Menurut (artikata.com)Masyarakat tradisional merupakan sekumpulan individu yang sikap dan cara berpikir serta bertindak yang selalu berpegang teguh pada norma dan adat kebiasaan yang ada secara turun-temurun.
31)  Masyarakat terbuka (open society)
Menurut (Ahmad Setyo wibowo,2010) Masyarakat terbuka (Open Society), merupakan masyarakat yang berdasar utama atas kebebasan berpolitik dan Hak Asasi Manusia (HAM). Jadi masyarakat yang terbuka merupakan masyarakat yang bebas merdeka, bebas dalam memberikan pikiran atau pendapatnya dan bebas untuk berpartisipasi dalam kepentingan umum atau masyarakat dan negara.
32)  Masyarakat tertutup (closed society)
Menurut  (Muhammad Muhibbuddin,2008) Masyarakat tertutup adalah sekelompok individu yang masih kuat ikatan komunalitas dan kolektifitas, baik yang bertumpu pada ras, suku maupun agama. Sehingga menutup untuk menerima pengaruh budaya dari luar.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar